Mengenal Perbedaan Procurement dan Purchasing

Daftar isi: [Tampil]
Dalam dunia bisnis, kita mengenal dua istilah yaitu procurement dan purchasing. Banyak orang yang masih belum bisa membedakan keduanya. Padahal secara bahasa saja keduanya memiliki arti yang berbeda.

Procurement adalah pengadaan barang, sementara purchasing adalah pembelian barang. Apakah keduanya hal yang berbeda?

Tentu saja! Nah, untuk Anda yang masih belum terlalu mengenal apa yang menjadi perbedaan procurement dan purchasing, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai perbedaannya untuk Anda. So, lets check these out!

Perbedaan Procurement dan Purchasing

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang procurement dan purchasing secara berurutan dan pada part pertama kita akan membahas terlebih dahulu tentang procurement. Procurement merupakan suatu proses keseluruhan dari kegiatan pengadaan atau pembelian barang atau pun jasa
dalam jumlah tertentu.
Perbedaan Procurement Purchasing

Procurement ini bisa dibilang merupakan suatu proses pengadaan barang dan jasa itu sendiri. Barang dan jasa yang ditawarkan memiliki berbagai jenis mulai dari mesin, peralatan, alat konstruksi, jasa cleaning service dan masih banyak lagi yang lainnya.

Procurement kemudian dimulai dari sistem perencanaan strategis yang dilanjutkan dengan proses pengadaan tender, pemilihan vendor, negosiasi pembayaran dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam procurement sendiri berbagai macam pembahasan akan dilalui.

Pembahasan tentang pembuatan kontrak perjanjian kerjasama, penilaian barang atau jasa yang akan terpilih sampai dengan proses pembayaran kepada vendor dan aspek penilaiannya diperhatikan.
Proses dari procurement yang berlangsung dimulai dari pihak pemerintah. Kemudian setelah dari pemerintah, prosesnya akan berlanjut ke pihak swasta. Tak jarang juga procurement berasal dari suatu perusahaan swasta ke perusahaan swasta yang lain.

Selama ini procurement dinilai dapat memudahkan melakukan pengadaan barang atau jasa dalam jumlah besar. Hal tersebut menjadikan segala sesuatu yang dipantau akan lebih mudah tercapai dan dipastikan dengan adanya procurement barang yang diminta memiliki kualitas yang sama dengan apa yang telah diharapkan.

Sementara purchasing, purchasing ini merupakan suatu proses dari pembelian barang atau jasa. Bisa dibilang bahwa purchasing merupakan bagian penting dari procurement itu sendiri. Keduanya saling berkesinambungan dan saling berkaitan satu sama lain.

Jadi bisa disimpulkan bahwa purchasing merupakan salah satu bagian dari beberapa proses procurement atau proses dalam melakukan pengadaan barang. Mengenai seperti apa proses purchasing dalam sebuah kegiatan procurement suatu perusahaan, kegiatan – kegiatan yang dimaksudkan dalam purchasing sebagai berikut :
  • Pemilihan vendor untuk mendapatkan barang yang berkualitas sesuai yang diharapkan
  • Penentuan produk yang harus dibeli
  • Melakukan program pemesanan barang atau jasa dengan sistem Purchase Order
  • Menerima delivery order atau work order dan melakukan pemantauan terhadap pesanan
  • Menerima barang dan pemeriksaan
  • Melakukan pengecekan 3 arah yaitu invoice, DO atau WO dan PO
  • Pembayaran atas tagihan dan juga faktur

Seperti yang kita jelaskan sebelumnya walau jika kita lihat dari prosesnya seperti tidak ada perbedaan antara procurement dan purchasing, akan tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Kesimpulannya, procurement adalah keseluruhan dari proses pengadaan barang dan jasa. Sementara purchasing merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dengan procurement.


Jadi tugas purchasing hanya melingkupi proses pembelian saja. Setelah pembelian terjadi, maka tugas purchasing pun selesai. Sementara tugas procurement masih berlanjut sampai prosesnya usai dan semua tanggung jawab selesai.

No comments

Powered by Blogger.