5 Macam Buah untuk Tingkatkan Fungsi Otak Anak

Daftar isi: [Tampil]
Orang tua wajib memahami jika bukan hanya biaya masa depan saja yang harus dipersiapkan tapi juga wajib mempersiapkan anak untuk menyongsong masa depan. Memberikan fasilitas dan materi yang berlimpah memang baik. Tapi harus diimbangi dengan perhatian.

Dan salah satu bentuk perhatian yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan makanan si kecil. Selain menyiapkan makanan berat, pastikan pula untuk memberikan buah yang baik untuk meningkatkan fungsi otak anak.

5 Buah untuk Tingkatkan Fungsi Otak Anak

Mengapa harus mengkonsumsi buah? Karena dalam buah terkandung banyak vitamin dan zat gizi yang baik untuk otak. Simak daftar buahnya di bawah ini:

1. Pisang

Hampir semua anak suka rasa dan tekstur pisang yang lunak. Dibalik rasanya yang lezat, pisang menyimpan banyak zat gizi yang baik untuk perkembangan otak anak seperti fosfor, kaliu, magnesium, kalsium dan lainnya.

Baca juga: Vitamin Herbal untuk Otak Anak dan Dewasa

Dari sekian banyak jenis pisang, pisang yang paling direkomendasikan untuk diberikan pada anak adalah pisang raja, pisang hijau maupun pisang kepok.

2. Alpukat

Alpukat juga memiliki tekstur yang sama lunaknya dengan pisang meskipun rasanya tidak semanis pisang. Dalam buah alpukat terkandung vitamin E dan serat yang baik untuk membantu perkembangan otak.
alpukat untuk tingkatkan fungsi otak
Alpukat untuk tingkatkan fungsi otak

Berikan anak buah alpukat segar yang telah dibuat jus atau cukup campurkan alpukat dengan salad buah yang Anda buat.

3. Apel

Saat anak sudah tumbuh gigi, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk memberikan beberapa buah-buahan yang bisa digunaknnya untuk menggigit.

Salah satunya adalah buah apel. Apel memiliki rasa kecut dan manis yang disukai anak-anak.

Kandungan zat quercetin dan antioksidan pada apel diyakini akan membantu meningkatkan pertumbuhan otak. Dengan adanya zat tersebut efek negative yang dipaparkan oleh radikal bebas tidak akan membuat sel otak rusak.

Pilih apel merah untuk kadar antioksidan lebih tinggi. Apel merah juga memiliki warna yang lebih menarik yang akan disukai si kecil.

4. Berry

Ada macam-macam buah berry yang populer di Indonesia, mulai dari blueberi, stroberi, blackberi, raspberry dan lainnya. Semua berries tersebut mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dari hasil studi yang dilakukan mengatakan jika konsumsi buah berries baik untuk meningkatkan ingatan.

Cocok sekali untuk menunjang perkembangan otak anak, apalagi di masa keemasannya anak-anak cenderung lebih mudah mengingat dan menghapal sesuatu.

5. Anggur

Kandungan polifenol dalam anggur termasuk tertinggi bila dibandingkan dari buah-buahan lainnya. Anggur juga termasuk buah yang paling disukai anak kecil jadi tidak akan sulit memberikannya pada anak.

Polifenol bekerja secara aktif untuk meningkatkan keterampilan, imajinasi, dan kreativitas si kecil. Jenis buah-buahan yang memang dibutuhkan untuk anak-anak.

Seluruh buah-buahan yang telah disebutkan di atas merupakan jenis buah favorit anak-anak. Di Indonesia varietas buahnya pun bisa ditemukan dengan sangat mudah. Jadi, tidak ada alasan bagi orang tua untuk alpa memberikan buah yang baik bagi perkembangan otak si kecil.

No comments

Powered by Blogger.